3 Mei 2024

Aplikasi Berbasis Website ‘SI-MALIK’ Resmi Diluncurkan

LUBUK LINGGAU – UPTD Balai Heperkes dan Keselamatan Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan meluncurkan inovasi layanan digital berbasis website.

Dikomandoi oleh Kepala Balai Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Bayu El Heikal, SH., M.A.P, Senin (30 /10/2023) resmi meluncurkan aplikasi berbasis website bernama ‘’SI– MALIK’’ atau Sistem Informasi Manajemen Lingkungan Kerja.

Di dalam era digitalisasi dan untuk mewujudkan aksi peningkatan kinerja organisasi, dalam hal ini Balai Hiperkes dan Keselamatan Kerja yang mana tugas dan pokok fungsinya yang diatur dalam peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 13 tahun 2018, yang mana salah satunya adalah pelaksanaan pengujian Higiene industry dan kesehatan tenaga kerja.

Lingkungan Kerja menurut Permenaker No 05 tahun 2018 adalaha spek Higiene di tempat kerja yang di dalamnya mencakup faktor fisika, kimia, biologi, ergonomi dan psikologi yang keberadaannya di tempat kerja dapat mempengaruhi keselamatan dan kesehatan Tenaga Kerja. Dan di dalam Permenakertrans No. 02/MEN/1980 tentang pemeriksaan kesehatan tenaga kerja yang mana perusahaan wajib melakukan pemeriksaan Kesehatan secara berkala minimal 1 tahun sekali.

Oleh karena itu untuk memudahkan pelayanan terhadap perusahaan yang menggunakan Balai Hiperkes dan Keselamatan Kerja dalam permintaan dan pendataan lebih efisien dan efektif maka terciptalah aplika siber berbasis website dengan nama ‘’SI – MALIK “.

Kepala Balai mengatakan, selama ini untuk permintaan layanan dan pendataan secara manual yang rentan sekali hilang data dan tidak terjadwal dengan baik, sering juga terjadi miss komunikasi antar petugas atau staf di Balai Hiperkes. Tapi semua itu dapat di minimalisir dengan adanya aplikasi SI – MALIK, ujar Kepala Balai.

Launching dan sosialisasi Aplikasi SI-MALIK dilakukan dalam 5 tempat, diantaranya PT. Hoktong Plaju, PT. Bukti Asam Dermaga Kertapati, PT. Semen Baturaja Tbk, PT. Remko dan PT. Hevea MK2.

Sekedar informasi, Kepala Balai Hiperkes dan Keselamatan Kerja Bayu El Heikal, SH., M.A.P sedang mengikuti dan menjadi peserta Diklat Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PIM 3) di BKPSDM Kota Lubuk Linggau dan Aplikasi SI–MALIK adalah wujud laporan akhir dari Diklat PKA, aplikasi ini dapat di akses melalui link https://balaihiperkes.sumselgo.id/

Kegiatan ini juga disambut dan didukung baik oleh Sekda Provinsi Sumsel Ir. SA. Supriono, Direktur Bina Pengujian K3 Kemnaker RI, Drs. M. Idham, M.K.K.K, Kepala Balai Besar K3 Kemnaker RI dr. Aminah, M.Kes, Kepala BPSDM Provinsi Sumsel, Prof. DR. H.M. Edwar Juliartha, MM dan seluruh pejabat strultural di ruang lingkup Disnakertrans Sumsel, serta stakeholder terkait. (red)