2 Mei 2024

Alumni Muda Ambil Tanggung Jawab Pimpin IKA Fisip Unsri

PALEMBANG|KoranRakyat co.id—–KONGRES VI Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya (IKA Fisip Unsri), akan digelar di Hotel Beston Palembang, Sabtu 26 Agustus 2023. Hingga saat ini ada enam alumni yang berkeinginan mengambil tanggungjawab memimpin IKA Fisip periode 2023 – 2027, dan semuanya dari angkatan relatif muda, alumni era tahun 1995 ke atas.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Kongres VI, M Haekal Al Haffafah, M.Sos di Palembang, Rabu 23 Agustus 2023, Kongres VI ini diharapkan dibuka Gubernur Sumsel, H Herman Deru yang saat ini juga kuliah S3 (Program Doktor) di Fisip Unsri.

Ditambahkannya, Ketua IKA Fisip saat ini, Dr (c) Rudi Irawan, M.Si bersama panitia pelaksana Kongres VI telah berupaya semaksimal mungkin menyiapkan Kongres tersebut. Mulai dari penyiapan materi kongres, menyiapkan tempat, hingga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para alumni untuk mengabdikan diri sebagai Ketua IKA Fisip Unsri periode 2023 – 2027.

Setelah masa penjaringan ditutup, ujar Haekal yang juga aktivis HMI ini, ada enam orang alumni yang berminat. Mereka masing-masing Dr (c) Husyam Usman, M.Si, Dr (c) Isabella, S.IP, M.Si, Dr (c) Siti Anisyah Rasyid, M.Si, lalu Febriansyah, S.IP, M.Si, Dr (c) Agung Prihatna, M.Kesos, dan Dr (c) Sylvie Agustina, S.IP, M.AP. Mereka ada yang dari alumni S1 maupun alumni S2 Fisip Unsri, ujar Haekal yang saat ini juga sedang kuliah S3.

Kongres VI IKA Fisip Unsri akan diikuti perwakilan alumni dari setiap angkatan, sebanyak 2 orang per angkatan.

Sementara di acara pembukaan juga diharapkan hadir Rektor Unsri, Ketua IKA Unsri, Dekan dan Wakil Dekan Fisip, juga kepala jurusan dan program studi di lingkungan Fisip Unsri.

Kemudian juga diharapkan hadir para mantan Ketua IKA Fisip, pengurus IKA Fisip sekarang, dan undangan lainnya.

Salah seorang Alumni Fisip Angkatan 1984, Drs H Iklim Cahya, MM menyambut baik dan mengapresiasi tampilnya para alumni muda untuk memimpin IKA Fisip Unsri periode 2023 – 2027. Iklim Cahya yang pernah menjadi Ketua DPRD Ogan Ilir periode 2004 – 2014 ini, menilai para kandidat ketua IKA Fisip secara intelektual dan pengalaman organisasi cukup mumpuni. Namun Iklim Cahya berharap pada akhirnya terjadi musyawarah mufakat antar kandidat, untuk mendukung siapa yang paling layak. Karena pada dasarnya sistem musyawarah mufakat, akan lebih baik dalam menjaga kebersamaan, ujarnya. (ica)