21 Juli 2024

Upacara HUT RI Ke-78 di Muara Enim Berlangsung Meriah dan Khidmat

MUARA ENIM | Koranrakyat.co.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengusung tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim menyelenggarakan upacara bendera yang dipimpin langsung Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H,. LL. M (Bham)., LL .M (Abdn) Ph. D.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Muara Enim pada Kamis, (17/08/23) berlangsung meriah dan khidmat.

Pada kesempatan itu, Plt. Bupati Muara Enim membacakan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki didaulat membacakan teks pembukaan UUD 1945.

Adapun petugas pada upacara pengibaran bendera sang saka merah putih tahun 2023 ini yakni Komandan Upacara Kapten Kav. I Gede Putu Danu Dewa Bratha, S S T Han SIP jabatan Pasi Intel Kodim 0404 Muara Enim, Perwira Upacara Kapten Inf Erry Hastanto, jabatan Pasipers Kodim 0404 Muara Enim, Ajudan Inspektur Upacara Brigadir Polisi Dwiky Rido Akba SH, Jabatan Bintara Sat Intelkam Polres Muara Enim.

Untuk petugas pengibar bendera yakni Ariel Raka Pradana dari SMA Negeri 2 Muara Enim, Jovalno Rizky Somala dari SMA Negeri 1 Muara Enim, Edwar Anjaswara dari SMK Negeri 1 Muara Enim. Sedangkan pembawa baki Putri Maharani dari SMA Negeri 2 Muara Enim.

Hadir pada kesempatan itu, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah SE, Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki B Sc, Sekretaris Daerah Pemkab Muara Enim Ir. Yulius M.Si, beserta unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para kepala dinas dan instansi di Pemerintah Kabupaten Muara Enim, perwakilan BUMN, BUMS dan BUMD serta tamu undangan lainnya.

Berdasarkan pantauan, setelah upacara HUT RI Ke-78, Plt Bupati didamping istri menyerahkan bantuan sosial kepada yayasan dan lembaga kesejahteraan di Kabupaten Muara Enim.

Lalu, dilanjutkan mengikuti secara virtual zoom detik-detik prokmasi Kemerdekaan RI di Istana Negara Republik Indonesia.

Selanjutnya menghadiri pemberian remisi bagi Narapidana di Lapas Kelas IIB Muara Enim. Dilanjutkan dengan melakukan ramah tamah dan pemberian santunan kepada Legiun Veteran dan janda veteran RI Kabupaten Muara Enim.

Plt Bupati mengajak masyarakat untuk mengisi kemerdekaan ini dengan semangat membangun dan terus melangkah maju menuju Kabupaten Muara Enim yang terdepan di Provinsi Sumatera Selatan.

Dirinya juga mengajak generasi muda di Kabupaten Muara Enim untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah bersusah payah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Saya mengajak para pemuda untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dengan langkah nyata dalam membangun Bumi Serasan Sekundang,” ajaknya (Tigor Tamba/ Adv Kominfo Pemkab Muara Enim)