16 Juni 2024

Gubernur Lepas Sabiq Bil Khoirot Ikut MTQ di Yordania

PALEMBANG | KoranRakyat co.id – SATU lagi putra Sumsel yang mewakili Indonesia pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran Internasional (MTQI) yakni Sabiq Al-Khoirot (14). Sabiq akan mengikuti MTQI di Yordania, 8 – 19 April 2023, untuk cabang/golongan Hifzil Quran 30 Juz.

Sebelumnya Abi Quhafah ikut MTQI di Qatar, dan Kms Abdurrahman Huzaifi mengikuti MTQI di Thailand.

Pada Kamis 6 April 2023, Sabiq Bil Khoirot diterima dan dilepas oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru di Ruang Tamu Gubernur. Sabiq didampingi Ketua LPTQ Sumsel, KH Mudrik Qori dan Ust H Abdul Rahman Romli dari Kanwil Kemenag Sumsel. Selain itu juga hadir orang tua Sabiq, Ki Abdul Rohim Alhafiz yang sehari-hari imam tetap Masjid Agung OKI. Sedangkan Gubernur Herman Deru didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Pemkumpol, Ir H Firmansyah, M.Sc, Kabag Agama, Dr H Sunarto, dan Karo Umum Pemprop.

Sabiq akan menuju Jakarta, Jumat 7 April 2023 dan pada tanggal 8 April 2023 terbang ke Amman, ibu kota Yordania via Turki. Sementara pulang ke Indonesia dijadwalkan tanggal 19 April 2023, dan akan tiba di Bandara Soekarno Hatta 20 April 2023.

Selama mengikuti MTQI di Yordan, Sabiq akan didampingi orang tuanya, KH Abdur Rohim yang juga merangkap sebagai pelatih. Sabiq ditunjuk mewakili Indonesia oleh Kemenag RI/LPTQ Nasional karena prestasinya sebagai juara harapan 1 pada MTQN XXIX Kalsel tahun 2022.

Sabiq Bil Khoirot yang berdomisili di Kayuagung OKI, saat ini sedang mondok di salah satu Ponpes di Bogor, tingkat Tsanawiyah. Tapi menurutnya, ia belajar Alquran hingga menjadi hafiz berkat bimbingan orang tuanya sendiri.

Gubernur H Herman Deru ikut bangga atas dikirimnya putra Sumsel mewakili Indonesia pada ajang MTQ Internasional ini. Apalagi sebelumnya sudah ada dua orang yang diutus atau mewakili negara pada ajang MTQI ini. Kedua orang tersebut adalah Abi Quhafa di Qatar dan Kms Abdurrahman Huzaifi pada MTQI di Thailand.

Pada ajang tersebut Abi Quhafa meraih prestasi nomor 3 di babak gruf, sedangkan Kms Abdurrahman Huzaifi berhasil menjadi pemenang / juara II.

Gubernur Herman Deru membantu uang saku kepada Sabiq, dan berpesan agar menjaga kesehatan, serta mendoakan semoga meraih prestasi dan tampil dengan sebaik-baiknya.

Sebelumnya menurut Kiai Abdul Rohim, Sabiq dilepas oleh Bupati OKI yang diwakili Sekda M Husin. Pada kesempatan tersebut M Husin menyerahkan bantuan dari Baznas OKI. Selama mengikuti MTQI di Yordania, Sabiq dibiayai oleh Kemenag RI. Sedangkan orang tuanya dibantu oleh Bank Sumsel Babel. (ica)