29 Maret 2024

Polres Lahat Trauma Healing Kepada Anak-Anak Korban Bajir Bandang

LAHAT | Koranrakyat.co.id – kapolres Lahat AKBP S. Kunto Hartono SIK. MT, yang di dampingi Ibu ketua bhayangkari Cabang Lahat, melalui kanit Turjawali Satlantas, polres kahat didesa Lubuk Sepang kec. Pulau Pinang dan di Desa Keban Agung kec. Mulak sebingkai Guna memulihkan kondisi psikologis anak-anak korban banjir, personel Polisi Wanita Polres Lahat Polda Sumsel melakukan trauma healing.

Yang diHadiri Oleh waka polres lahat kompol Feby Febri yana SIK, kabag ops kompol Aan Sumardi SE, kabag ren kompol Telembanua SE, kasat Binmas AKP Arman Nasution, Kasat Samapta AKP Apriyanto SH, Kasat Lantas AKP Muriyanto SH, Kapolsek Pulau Pinang Iptu Amron Prabu, Kapolsek Mulak ulu Iptu Ismail SE, pengurus bhayangkari Lahat dan personel polwan.

Kegiatan dipimpin oleh Ipda Okta kanit Turjawali Sat Lantas Polres Lahat, kegiatan berlangsung di Dese Lubuk Sepang dan di Aula Kantor Camat Mulak Sebingkai serta diikuti oleh sekitar 55 orang anak korban musibah banjir bandang yang terjadi pada Kamis 9 Maret 2023 lalu.

Ipda Okta mengatakan rangkaian kegiatan trauma healing terdiri dari beberapa bagian, yang diawali dengan ‘ice breaking’ untuk mencairkan suasana.

Acara yang pertama Ice Breaking’, supaya anak-anak bisa membuka diri dan tidak malu-malu terhadap kami. Kemudian kami mengajak anak-anak menyanyi dan menari bersama, serta berbagai permainan.

Rona keceriaan pun terpancar dari wajah anak-anak. Tampak mereka menyanyi dan bermain dengan riang gembira diiringi gerak tawa bersama para Polwan.

Selain menyanyi lagu anak-anak, para peserta juga diajak menyanyi lagu-lagu nasional untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa,serta memotivasi dan memberikan semangat.

Giat trauma healing dititik beratkan kepasa permainan anak-anak agar terlupa dengan bencana yang dialami kemudian team mengadakan kuis pertanyaan berhadiah. Di akhir kegiatan, anak-anak diberikan hadiah berupa buku, alat tulis tas serta seragam sekolah dan bingkisan makanan ringan.

Dengan di adakan kegiatan trauma healing ini diharapkan dapat menghilangkan trauma yang dialami oleh anak-anak akibat musibah banjir. Kemudian kondisi psikis dan mental anak-anak ini kembali pulih, sehingga mereka kembali ceria, bisa bersekolah dan bisa bermain seperti biasanya.

Adanya pelaksanaan giat ini tanda kepedulian polres Lahat melalui personel polwan sebagai giat sosial kepada anak-anak korban banjir bandang. ” tutupnya. (Lili)

Sumber : Humas Polres Lahat