4 Februari 2023

STQH OI Tahun 2023 Dipusatkan di Kecamatan Lubuk Keliat

INDRALAYA|KoranRakyat co.id – KEGIATAN keagamaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) tingkat Kabupaten Ogan Ilir (OI) tahun 2023, dipusatkan di Desa Betung I dan Betung II Kecamatan Lubuk Keliat. STQH tersebut akan berlangsung tanggal 1 – 5 Februari 2023, dibuka Bupati OI, Panca Wijaya Akbar SH serta akan dihadiri Ketua Harian LPTQ Sumsel, Drs KH Mudrik Qori, MA.

Demikian dikatakan Sekda OI, H Muhsin Abdullah, ST, MT, MM yang juga Ketua Umum Panpel STQH OI tahun 2023, ketika dihubungi, Jumat 20 Januari 2023.

Menurut Muhsin Abdullah, STQH ini akan dibuka Bupati Panca Wijaya Akbar, pada Rabu 1 Februari 2023 pukul 20.00 Wib, bertempat di Arena Utama Halaman SDN 2 Lubuk Keliat di Desa Betung I. Dan pada sore harinya, lanjut Muhsin, terlebih dahulu dilaksanakan pawai ta’aruf yang diikuti kafilah peserta STQH dari 16 kecamatan se Ogan Ilir.

Muhsin berharap selama pelaksanaan STQH, masyarakat dapat menyaksikan dan memeriahkannya. Disekitar arena utama juga akan digelar pameran dan bazar, ujar Muhsin yang juga Ketua Umum LPTQ OI.

Berdasarkan data yang didapat dari Armansyah, S.Pd, M.Si, Ketua Seksi Kesekretariatan dan Pendaftaran, STQH ini akan memperlombakan cabang Tilawah (dewasa dan anak), cabang Tafsir Bahasa Arab, cabang Tahfidz 1 juz dan 5 juz tilawah, serta Tahfidz 10 juz, 20 juz, dan 30 juz. Kemudian cabang Hadits 100 dan Hadits 500.

Direncanakan untuk lomba cabang tilawah dewasa, tilawah anak, dan 1 juz dipusatkan di Arena Utama Lapangan SDN 2 di Desa Betung I. Kemudian untuk lomba tahfidz 5 juz, 10 juz, dan 20 juz di Masjid Taqwa Desa Betung I. Sedangkan lomba 30 juz, Tafsir Bahasa Arab, serta hadits 100 dan hadits 500 bertempat di Masjid Al-Anshor Desa Betung II.

Selama pelaksanaan STQH, para peserta/kafilah, Dewan hakim/panitera, dan panitia diinapkan di rumah-rumah penduduk sebagai home stay. (ica)

Lewat ke baris perkakas