2 Desember 2022

Senai FC Masuk Empat Besar Zona Sumbagsel

INDRALAYA | KoranRakyat. co.id – Senai FC U-12, klub sepakbola dari Kabupaten Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan (Sumsel), masuk empat besar zona Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) pada Festival Sepakbola Garuda Anak Nusantara dalam putaran final yang diselenggarakan di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, 19 – 20 November 2022.

Menurut Pembina Senai FC, Yaprudin, SH, Minggu 20 November 2022, prestasi tersebut melebihi ekspektasi, karena pihaknya hanya menargetkan masuk delapan besar.

Pada babak penyisihan gruf, Senai FC berhasil mengalahkan Curup Provinsi Bengkulu dengan score 7 : 0 dan menang atas Muara Jambi Provinsi Jambi dengan score 1 : 0. Namun sayang pada babak semi final, Senai FC kalah tipis 2 : 1 dari Padang.

Keluar sebagai juara 1 dalam Festival Garuda Anak Nusantara zona Sumbagsel tersebut adalah klub dari Provinsi Jambi. Lalu juara 2 dari Provinsi Lampung, juara III dari Padang Sumbar. Sedangkan juara IV Senai FC Sumsel.

Sebagaimana pernah diberitakan, Senai FC melaju ke putaran regional Sumbagsel setelah menjadi Runner Up (Juara II) dalam Festival Sepakbola Garuda Anak Nusantara zona Sumsel yang digelar di Stadion Sekundang Bara, Muaraenim, 1- 2 Oktober 2022 lalu.

Menurut Ir Fane Jono, Wakil Ketua Senai FC, klub yang dilatih Sardi Jaya dan Indra Supita melaju sampai ke babak final zona Sumbagsel dengan meyakinkan.

Festival Sepakbola U-12 Garuda Anak Nusantara untuk Zona Sumbagsel tersebut diikuti 32 klub utusan dari kabupaten/kota dari 6 provinsi di Sumbagsel plus Sumbar Yakni Sumsel, Jambi, Bengkulu, Lampung, Babel, dan Sumbar. Sumbar ikut zona Sumbagsel, karena zona Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), tidak melaksanakan.

Prestasi yang dicapai Senai FC ini mendapat apresiasi dari banyak pihak di Ogan Ilir. ” Prestasi yang luar biasa, bisa masuk 4 besar, dari 32 peserta yang mewakili 6 provinsi,” ujar Drs H Iklim Cahya, MM, Anggota Tim Khusus Percepatan Pembangunan (TKPP) OI.

Dengan prestasi tersebut, Senai FC mengukir prestasi yang cukup membanggakan.

Adapun para pemain Senai FC yang dimainkan pada kompetisi tersebut yakni Ahmad Alfatan,
Fairus Alfariq, Daffa Safran, Baihaqi Wijaya, Fadli Ramadhan, Almuzakky, Rezky Aditia, dan Gading Fitra. Kemudian Malik Adz Zikri, M Arya, Rafi Ramadhan, serta Dzaky Janitra.

Senai FC merupakan klub sepakbola yang merupakan wadah kolaborasi beberapa Sekolah Sepak Bola (SSB) di Ogan Ilir, diantaranya SSB PSM Meranjat, SSB OI 32 Timbangan, SSB Lorok, SSB Persitara Tanjung Raya dan SSB Putra Jaya Tanjung lubuk, SSB Parit, Mereka intens membina anak-anak usia dini untuk dijadikan pesepakbola profesional, walau dengan biaya secara swadaya. Jargon mereka “asak akor laju tula.” (ica)

Lewat ke baris perkakas