4 Februari 2023

Bupati OI : Bina Atlet Lokal dan Tambah Anggaran KONI

OGAN ILIR | Koranrkayat.co.id — BUPATI Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar, SH, Kamis 22 September 2022 membuka Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) III Ogan Ilir yang dipusatkan di Stadion Caram Seguguk di Kawasan Tanjung Senai Indralaya. Pada kesempatan tersebut Bupati Panca Wijaya Akbar meminta pengurus KONI dan Cabang Olahraga (Cabor) agar serius membina atlet lokal OI sehingga nantinya bisa berprestasi di tingkat propinsi bahkan nasional. Sementara menunggu atlet lokal tersebut berprestasi, Panca tidak mempermasalahkan rangking Kabupaten OI di klasemen Porprov, walau di papan bawah sekalipun.

Bupati Panca Wijaya Akbar tidak setuju mengambil langkah meningkatkan prestasi olahraga dengan cara instan, seperti membeli atlet dari luar daerah. Tapi bupati mengajak mengutamakan pembinaan atlet lokal melalui pencarian dan penjaringan atlet dari desa/kelurahan dan kecamatan. Dan kemudian dibina secara sungguh-sungguh. Untuk itu Bupati termuda di Sumsel ini meminta agar Kepala Desa juga menyisihkan anggaran desa untuk pembinaan olahraga di desanya.

Bupati juga minta agar dana hibah untuk KONI dalam rangka pembinaan olahraga, supaya dinaikkan dua kali lipat. Termasuk juga porsi anggaran olahraga untuk kecamatan.

Menurut Ketua KONI OI, H Aswan Mufti, ST, M.Si, saat ini dana hibah untuk KONI sebesar Rp 1,5 Miliar. Jadi bila dinaikkan dua kali lipat seperti harapan bupati, berarti menjadi Rp 3 Miliar, ujar Aswan.

Bahkan Aswan berharap dana hibah untuk KONI bisa mencapai Rp 4 Miliar. Dimana yang Rp 1 M akan dialokasikan untuk pembinaan atlet embrio sekolah olahraga yang bekerjasama dengan Pondok Pesantren.

Pembukaan Porkab III OI ini berlangsung meriah, walau sebelum acara Bumi Caram Seguguk diguyur hujan cukup deras. Namun saat hujan reda, udara Tanjung Senai menjadi sejuk.

Menurut Ketua Panpel Porkab III, Dra Herlina, Porkab diikuti 1.900 atlet dari 16 kecamatan yang ada di OI. Mereka akan bertanding pada 10 cabor yakni Sepakbola, Volly, Basket, Futsal, Bulutangkis dan Tenis Meja. Kemudian Bilyard, Taekwondo, Karate, dan Pencak Silat. Porkab III ini akan berlangsung hingga tanggal 29 September 2022. Dan sebelum pelaksanaan Porkab terlebih dahulu digelar Porcam I di 16 kecamatan yang berlangsung meriah, ujar Herlina yang juga Kepala SMPN 1 Indralaya.

Opening Ceremony Porkab III ini diawali dengan defile kontingen, serta dimeriahkan drumband SMPN 1 Indralaya serta tari massal pelajar.

Selain Bupati Panca Wijaya Akbar dan Ketua KONI Aswan Mufti. Juga hadir Kapolres AKBP Andi Baso Rahman, Pabung Kodim 0402, Kapten Jauhari, Sekda Muhsin Abdullah, Ketua Harian LPTQ Sumsel, KH Mudrik Qori, Ketua MUI DR Nurhasan, Anggota TKPP Bidang Olahraga, Iklim Cahya, Ketua Dewan Kehormatan KONI, A.W Noviadi serta para pejabat OI lainnya. (ica)

Lewat ke baris perkakas