28 Maret 2024

Bupati Natuna Kukuhkan Paskibra Tahun 2022

KR Natuna Bupati Natuna Wan Siswandi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Natuna 2022. Sebanyak 33 Anggota Paskibra ini telah melakukan seleksi, dilakukan Februari lalu dan telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan pelatihan selama 15 hari. Pengukuhan berlangsung di Gedung Sri Srindit, Ranai, Senin malam 15 Agustus 2022.

Setelah beberapa prosesi pengkuhan berlagsung , tiba saatnya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Suhardi memandu  Pembacaan  ”Ikrar Putra  Indonesia”   yang diikuti bersama-sama oleh  Paskibraka dengan diiringan lagu Padamu Negeri satu persatu anggota Paskibraka sambil menarik nafas panjang mencium Bendera Merah Putih sebagai kiasan bersedia untuk senantiasa setia dan berbakti pada Bumi Pertiwi Indonesia.

Ikrar Putra Indonesia terdengar gemuruh penuh kehayatan dari peserta;
Aku mengaku Putra Indonesia, dan berdasarkan pengakuan itu:
Aku mengaku, bahwa aku adalah makhluk Tuhan Al-Khalik Yang Maha Esa dan bersumber kepada-Nya.
Aku mengaku, bertumpah darah satu, tanah Air Indonesia.
Aku mengaku, berbangsa satu, Bangsa Indonesia.
Aku mengaku, berjiwa satu, jiwa Pancasila.
Aku mengaku, bertujuan satu, masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila sesuai dengan isi Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.
Aku mengaku, bercara-karya satu, perjuangan besar dengan akhlak dan ihsan menurut ridho Tuhan Yang maha Esa.
Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini, dan demi kehormatanku aku berjanji, akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban untuk mengamankan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati niatku ini dengan taufik dan Hidayat-Nya, serta dengan Inayah-Nya.

“Saya ucapkan selamat dikukuhkan pada adik-adik Paskibraka Natuna. Insya Alloh, pelaksanaan upacara menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI akan berlangsung di Gedung Daerah pada Rabu 17 Agustus 2022,” kata Wan Siswandi dalam amanatnya.

KADISPORA Natuna Suhardi saat membacakan sumpah dan janji Paskibraka Natuna 2022

Jadi, mantan Sekda Natuna itu berharap pada para Paskibraka Natuna telah dikukuhkan, agar tetap jaga kesehatan. Karena pelaksanaan upacara tinggal menghitung hari.

“Kepada pelatih Paskibraka Natuna, dari unsur TNI/Polri dan instansi terkait, saya ucapkan terimakasih atas jasa-jasanya. Sehingga adik-adik Paskibraka Natuna siap mengibarkan bendera Merah Putih pada Hari Kemerdekaan nanti,” kata Wan Sis mengakhiri.

KEPALA OPD Natuna saat menghormari Sang Saka Merah Putih

Sementara, tampak hadir dalam pengukuhan, antara lain, Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar, Sekda Natuna Boy Wijanarko, Asisten II Setda Natuna Basri, Kadispora Natuna Suhardi, Kadis Perkim Natuna Hendra Kusuma, dan Ketua Komisi II DPRD Natuna Marzuki.

Tampak juga, Danlanud Raden Sadjad Ranai Kolonel (Pnb) Jajang Setiawan, Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Arief Prasetyo Irbianto, Dandim 0318/Natuna Letkol (Inf) Hasbul Hasyiek Lubis dan Kajari Natuna Imam MS Sidabutar.

Dandim0318/ Natuna Latih Paskibra

Dandim Natuna buka pemusatan lartihan paskibrakaNatuna tahun 2022

Seleksi dan pemusatan pelatihan Paskibraka tingkat Kabupaten Natuna 2022  dibuka leh Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0318/Natuna, di halaman Asrama Haji Kabupaten Natuna, Rabu (3/8/2022).

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan latihan paskibra, Dandim 0318/Natuna, Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis; Wakil Bupati Kabupaten Natuna, Rodhial Huda; Ps. Kadispers Lanud RSA, Mayor Adm Ahmad Wahyudi, A.Md; Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Natuna, Daeng  Ganda Rahmatullah, S.H; Kasiintel Kejari Natuna, Maiman Limbong; Dinihari Denhanud 477 Kopasgat Natuna, Letda Pas Eko Agus; Kalamja Satrad 212 Ranai, Letda Lek Sarwoko; Kapolsek Bunguran Timur, AKP Susanto; Danton Kal Panda Lanal Ranai, Letda Laut (P) Muhammad Ramli.

Dandim 0318/Natuna Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis brpean =kepada peserta latihan yang datang dari 15 kecamatan yang ada di kabupaten Natuna dalam melaksanakan kegiatan agar selalu menjaga keamanan, kesehatan, jangan takut untuk menyampaikan kepelatih apabila masing masing individu merasakan sakit untuk berobat karena di sini disiapkan Dokter dan perawat selama kegiatan ini berlangsung, jangan memaksakan diri atau malu.

” Tugas pokok adik-adik sekalian adalah sebagai pelajar, pemerintah membutuhkan tenaga, pikiran, daya upaya kalian. Oleh karena itu, selama kegiatan pelatihan agar benar-benar konsentrasi.” jelas Dandim

Peran dari pelatih berdasarkan yang paling mempengaruhi keberhasilan adalah unsur kepelatihan agar masing -masing pelatih mengerti tugas dan tanggung jawab, Dandim yakin dan percaya bahwa para pelatih yang ada ini sudah sangat berpengalaman bertahun tahun sehingga mampu membawa Adik adik sukses dalam mengemban tugas kenegaraan ini.

Dandim juga akan selalu memantau dan mengontrol setiap latihan ini sampai selesai kegiatan hari pelaksanaan baik itu penaikan bendera maupun penurunan bendera merah putih di halaman  gedung Daerah kabupaten Natuna, di akhir sambutannya Komandan Kodim 0318/Natuna secara resmi membuka pelatihan Paskibra Kabupaten Natuna Tahun 2022 pada pukul 16.55 Wib.(red)