18 Agustus 2022

Gubernur dan Bupati Lahat Berkarang Bersama Masyarakat Desa Tanjung Raya

LAHAT | Koranrakyat.co.id — Dalam rangka kunjungan kerja Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru didampingi Bupati Lahat,Cik Ujang.SH ke Desa Tanjung Raya Kecamatan Speksu Kabupaten Lahat Silaturrahmi sekaligus Berkarang bersama masyarakat Desa Tanjung Raya. Rabu (20/7/2022).

Tampak hadir Dandim 0405 Lahat Letkol.Inf. Toni Oki Priyono.SIP, Kapolres Lahat yang diwakili, Anggota DPRD Provinsi Sumsel, Sekda Lahat Chandra.SH MM, jajaran OPD Kab.Lahat, Jajaran OPD Provinsi Sumsel, para Camat se-Kikim Area, seluruh Kades Kikim Area, seluruh BPD Kikim Area, Tokoh masyarakat,Tokoh agama serta para undangan lainnya.

Bupati Lahat,Cik Ujang.SH dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemerintah kabupaten lahat mengucapkan terima kasih kepada Camat, Kades Tajung Raya yang telah mengundang Pak Bupati dan Pak Gubernur ke Kecamatan Speksu dalam rangka berkarang di Lubuk Larangan di Desa Tanjung Raya ini.

Bupati kepada gubernur menjelaskan asal muasal lubuk larangan, karena memang di daerah ini tidak boleh mancing apalagi mutas dan strum. Sebab, ikan ini nantinya akan diambil bersama-sama. ”Ini adalah kebudayaan kita dari nenek moyang kita, maka dari itu kita terus bina, menjaga kelestariannya supaya ikan-ikan tetap ada,” kata Cik Ujang.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru mengatakan, berkarang simbul adanya lubuk larangan, ini warisan leluhur, untuk mengingat pentingnya kelestarian alam, seperti masih banyaknya ikan di aliran sungai, tandanya daerah aliran sungai, hutan dan sumber air di hulu terjaga.

”Dan juga tradisi ini dilestarikan oleh nenek moyang kita juga untuk menguatkan silaturrahmi antar warga,” kata Herman Deru. (Destri)

Lewat ke baris perkakas