27 September 2022

HD Gandeng Telkom Siapkan Inovasi Anti Blankspot di Sumsel

PALEMBANG | Koranrakyat.co.id – Gubernur Sumsel H Herman Deru mengajak Telkom bekerjasama dan berkomitmen wujudkan Sumsel Zero Blankspot dengan cara menyediakan jaringan secara merata di Sumsel.

Hal tersebut terungkap saat HD menerima GM Telkom Witel Sumsel, M. Yusuf dalam rangka silaturahmi dan pergantian GM Witel Sumsel dan beberapa pejabat Telkom bertempat di Ruang Tamu Gubernur, Senin (13/6/2022)

“Saat ini di masa pandemi, kebutuhan akan jaringan yang multi layanan sangat meningkat tajam dan menjadi sebuah kebutuhan. Internet dengan menu layanan menjadi kebutuhan mutlak, Telkom dinilai sebagai provider yang mumpuni dalam hal ini” ujarnya.

Sebagai langkah awal, HD menginstruksikan dinas terkait untuk segera menginventarisir desa atau titik lokasi mana yang harus segera dipenuhi kebutuhan jaringannya dengan prioritas tempat-tempat belajar dan pusat transaksi seperti pasar.

“Kita harus cari solusinya, jika pembangunan Base Transceiver Station (BTS) didaerah tertentu dirasa tidak memungkinkan, maka kita carikan solusi, untuk menemukan inovasi infrastruktur penyedia jaringan yang lebih ekonomis dan tetap berdaya guna,”katanya.

Setelah kunjungan Telkom ini, HD berharap ada penajaman lanjutan melalui koordinasi dan komunikasi khusus antara Telkom dan Pemprov Sumsel. Diskusi lanjutan diharapkan menghasilkan formula khusus didukung data-data yang akurat untuk diaplikasikan sehingga jaringan dapat terserap secara memadai menimal ke tempat sekolah.

“Saya minta kerjasama ini berkesinambungan, untuk sama-sama membangun layanan komunikasi,” pungkasnya.

GM Telkom Witel Sumsel, M. Yusuf, katakan pihaknya siap mendukung Pemprov Sumsel dalam upaya penanggulangan blankspot di Sumsel. Dijelaskannya Telkom Group memiliki 11 anak perusahaan di Sumsel dengan total 1.750 personil dan belum termasuk mitra serta tersebar di seluruh Prov. Sumsel. Jaringan selular sendiri telah menjangka 99 persen seluruh desa di Sumsel dengan standar LTE, dimana masih terdapat 3 desa tersisa.

Turut hadir Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, H Dharma Budi, Staf Khusus Hubungan Antar Lembaga, Syamsu Sugianto, Kadis Kominfo Sumsel, H Achmad Rizwan, SSTP, MM., Karo Humas dan Protokol, Rika Efianti, SE, MM. (hms)

Lewat ke baris perkakas