27 September 2022

Wawako Lubuk Linggau Hadiri Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Secara Virtual

LUBUKLINGGAU | Koranrakyat.co.id – Wakil Wali Kota (Wawako) H Sulaiman Kohar didampingi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H Nobel Nawawi, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Herdawan menghadiri acara penyerahan hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Indonesia secara virtual melalui Zoom Meeting, bertempat di Command Center Bumi Silampari Kota Lubuklinggau, Selasa (05/04/22).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Bappedalitbang, Emra Endi Kesuma, Kepala Dinas Kominfo, M. Johan Iman Siteppu, Kabag Organisasi, Endy Eka Putra, mewakili Inspektur, Irban Sazili dan Tim SAKIP Kota Lubuklinggau.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan KemenPAN & RB, Prof. Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si mengatakan rata-rata nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2016- 2021 mengalami kenaikan. Kabupaten/Kota: 61,6 , Provinsi: 70,88, Kementerian dan Lembaga 71,3.

Sedangkan evaluasi nilai RB juga mengalamai peningkatan. Kabupaten/Kota menjadi 54,44 yang sebelumnya 53,85 , Provinsi 65,63 yang sebelumnya 64,28 dan Kementerian dan Lembaga 75,65 yang sebelumnya 74,89. Hal ini menunjukkan Komitmen dari daerah untuk melakukan perbaikan kinerja.

“Kami dari KemenPAN&RB selalu siap membantu dan membimbing para rekan-rekan pemerintah daerah untuk melaksanakan SAKIP dan RB demi perbaikan kinerja pemerintahan,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sendiri berhasil mendapatkan predikat BB untuk SAKIP dan B untuk RB sedangkan Kota Lubuklinggau berhasil mendapatkan predikat BB untuk SAKIP dan CC untuk RB.

Rini Widyantini, SH., MPM, Sekretaris Kementerian PANRB, menyampaikan apresiasi terhadap seluruh pemerintah daerah yang sudah berkomitmen melakukan perbaikan sehingga berhasil mendapatkan predikat, B, BB , A dan AA.

Bagi pemerintah daerah yang masih mendapatkan predikat C, dan CC untuk terus melakukan perbaikan sehingga nantinya dapat mendapatkan predikat yang baik. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian secara simbolis kepada pemda yang berhasil mendapatkan predikat,B,BB dan A. (Dicky – Adv)

Lewat ke baris perkakas