30 Januari 2023

Tim Deputi II SDM Kemenkomarinves ke Natuna, KEK Natuna Makin Dekat ?

Sekda Natuna menyambut kedatangan Tim II Kemenkomarinves di Natuna

KR Natuna — Pembahasan usulan Kawasan Ekonomi Khusus Maritim (KEK)  untuk Natuna yang ditanyakan  Bupati Natuna Wan Siswandi kepada Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, beberapa waktu lalu, nampaknya mulai ditanggapi, terbukti  dengan datangnya   Tim Deputi II Sumber Daya Maritim Kemenko Marinves yang ditugaskan untuk emnindaklanjuti usulan  tersebut  menyambangi Natuna, Selasa (5/4) .

Bupati Natuna didampingi Wakil Bupati Natuna dan beberapa Kepala OPD, memaparkan usulan-usulan program pembangunan di Natuna untuk melengkapi infrastruktur terwujudnya KEK Natuna..

“Sebagai pintu terdepan wilayah perairan Indonesia, memang kini mendapatkan penguatan di bidang pertahanan dan keamanan. Hal itu bisa dilihat dengan pengerahan pasukan pertahanan baik darat, laut, dan udara di Natuna. Namun Juga perlu diimbangi dengan pembangunan Ekonomi masyakarat, baik dibidang  Parwisata, Perikanan, dan Industri lainnya, untuk itulah kami berharap sesuai amanah pak presiden RI yang akan membentuk KEK Natuna bisa segera diwujudkan, ” Jelas Wan Siswandi.

Wan Siswandi juga membeberkan beragam usulan pembangunan infrastruktur dasar, seperti, pembangunan embung, penguatan sumber daya listrik untuk mendukung investasi dan pertahanan, stadion mini, pelabuhan di Kecamatan Midai, dan jalan lingkar Pulau Laut.

Kebutuhan yang mendesak Natuna dalah kebutuhan listrik ,saat ini Natuna masih kekurangan daya untuk memenuhi perkembangan pembangunan, terutama untuk investasi dan pertahanan.  Saat ini saja ada investor yang butuh daya sebesar 1 Mega Watt, kemudian untuk alat-alat pertahanan canggih alutsista dan radar ynag nanti8 akan diginakan untuk operasional FIR , daya listrik yang sekarang ada di Natuna  tidak cukup, untuk itu kami mohon agar masalah ini bisa menjadi prioritas pengadaannya oleh pemerintah pusat secetapnya ” Jelas Bupati  Natuna berharap.

” Saat bertemu Menko Luhut Binsar Panjaitan beberapa waktu lalu beliau sangat merespon dan berjanji akan emngusahakan menambahkan daya hingga sebesar 10 Mega Watt untuk Natuna., Rencana beliau bilang bukan diesel lagi, tapi dari energi terbarukan., rencana ini juga sudah kami sampaikan kepada Menteri BUMN Erick Tohir ysng juga setuju harus mengunakan energi terbarukan, untuk penambahan daya Listik Natuna, ” Terang Wan Siswandi menambahkan..

Bupati Natuna dan OPD ,bertemu dengan Deputi Ii kemenkomerinves bahas tindak lanjut KEK Natuna

Rencana pembangunan KEK dan pengembangan Ekonomi serta Pertahanan di Natuna juga tak luput dari masalah transpotasi publik utamanya terkait mahalnya tiket pesawat dari dan ke Natuna. untuk itu Bupati Natuan berharap Kemenko Marinves membantu Natuna mengatasi masalah tersebut.

Asisten Deputi Pengelolaan Ruang Laut dan Pesisir, Deputi II Sumber Daya Maritim Kemenkomarves, Rasman Manafi, mengatakan kedatangan tim nya untuk mengetahui langsung kondisi di lapangan, sebagai tindak lanjut kunjungan Bupati ke Kemenko Marinves.

“Rencananya pak Deputi yang ke sini, tetapi karena kesibukannya mendampingi Menko, kami yang diminta kesini. Kita akan eksplore itu, Paparan Bupati Natuna secara umum sudah cukup lengkap. Sehingga, Tim Kemenko Marves bersama OPD terkait tinggal menyusun matriks yang ditujukan ke kementerian terkait dan kemudian dibahas.” jelas Rasman

.Rasman pun mengajak jajaran OPD Pemkab Natuna bergerak cepat, untuk meninjau lokasi sejumlah pembangunan dan menyiapkan bahan usulan agar menjadi satu tujuan.

“Jangan sampai kita minta banyak tapi tujuannya tersebar. Saya harap pertemuan ini tak selesai disini, pertemuan berikutnya kita sudah bicarakan matriks yang kita bawa. Kami harap setelah pertemuan itu data bisa kita keurucutkan,” pungkasnya. (red)

Lewat ke baris perkakas