28 Maret 2024

Pemkab Lahat Ikuti Verifikasi Virtual Terkait Penghargaan APE Tahun 2020

0

LAHAT | Koranrakyat.co.id — Pemerintah Kabupaten Lahat mengikuti verifikasi lapangan dalam rangka pemberian penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, Selasa (23/03/2021) di Ops Room Pemkab Lahat.

Kegiatan ini dihadir langsung oleh Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE, MM, Ketua TP-PKK Lidyawati Cik Ujang, Pj. Sekda Drs. H. Deswan Irsyad, M.Pd.I., Asisten I, Kepala Dinas, Kepala Badan, Ketua BAZNAS kabupaten Lahat, Ketua Forum Anak-Anak serta beberap apejabat staf lainnya.

Verifikasi lapangan yang dilaksanakan secara virtual bertujuan untuk melihat lebih dalam data dan informasi pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi. Sehingga tim dapat memperoleh data yang lebih lengkap, komprehensif dan objektif.

Kemudian juga APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkometmen.

Sementara itu dalam pertemuan virtual tersebut Wakil Bupati Lahat H.Haryanto.SE MM MBA mengatakan, menyambut baik kegiatan ini, dan atas nama pemerintah kabupaten lahat, ia mengaku sangat bangga dan berterima kasih atas masuknya kabupaten lahat sebagai salah satu nominator penerima penghargaan APE tahun 2020.

Dikatakan pelaksanaan pengarusutamaan gender dalam pembangunan di kabupaten lahat sesungguhnya sudah menjadi komitmen kepala daerah sesuai sesuai visi Bupati Lahat: “Mewujudkan masyarakat kabupaten lahat yang berakhlak, mandiri, peradilan makmur dan sejahtera serta terselenggaranya pembangunan yang berbasis pemerataan berkelanjutan.”

Untuk itu diharapkan peran dan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kebijakan. Karena pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender dalam pembangunan, bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan jadi tugas dan tanggung jawab semua masyarakat.

Selanjutnya, Wabup minta minta kepada 4 driver atau penggerak pengarusutarman gender yaitu Bappeda, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Inspektorat dan BPKB, untuk terus meningkatkan sinergi, kerjasama dan koordinasi yang baik dalam mengawal pelaksanaan pengarusutamaan gender dalam setiap kebijakan program. Selain itu kegiatan hasil pembangunan harus selalu bermanfaat untuk laki-laki, perempuan dan anak serta lansia dan di stabilitas.

Khusus kepada tim verifikasi APE pusat, Wabup Lahat Haryanto mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan ini.

”Semoga dengan adanya verifikasi lapangan yang dilaksanakan cara virtual ini, pemerintah daerah dan masyarakat akan lebih bersemangat lagi dalam pelaksanaan pengarusutarman gender PUG. Sebab program dan kegiatan, menjadi urusan tugas masing-masing sehingga pembangunan yang berkeadilan dan berkesetaraan gender kabupaten Lahat dapat terwujud dan Lahat semakin bercahaya,” paparnya.

Sebagaimana diketahui APE adalah sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada kementerian/lembaga, kepala daerah provinsi maupun kabupaten/kota atas kometmen, prakarsa dan keberhasilan kepala daerah dalam dalam pelaksanaan strategi Pengarusutamaan Gender dalam segala aspek pembangunan secara berkesinambungan, melalui integrasi isu gender dalam kebijakan, program dan kegiatan baik di OPD, dunia usaha serta organisasi dan lembaga masyarakat lainnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Sosial Lahat, Endang Rismawati SH, mengatakan dengan adanya kegiatan ini masalah lansia untuk stabilitas dan untuk panti asuhan, ada bantuan sosial, termasuk bantuan pelatihan.

”Untuk lansia, kami sudah ada Forum Lansia dengan pembentukan SK Bupati No. 2 tahun 2019. Untuk lembaga kesejahteraan anak dan LKS lansia, sudah ditetapkan secara online ke kementerian, ada 4.850 lansia yang sudah didaftarkan secara online,” tegasnya. (Sistri)

Tinggalkan Balasan