Sejumlah SMK di Sumsel Berinovasi Dukung Upaya Gubernur Antisipasi Wabah Corona

Siswa SMK membuat bilik antiseptik

example banner

PALEMBANG | Koranrakyat.co.id — Berbagai upaya dilakukan Gubernur Sumsel H.Herman Deru dalam menanggulangi dan mencegah menyebarnya Virus Corona Covid-19 di Prov Sumsel. Hingga saat ini berbagai pihak terus memberikan dukungan, bantuan baik moril maupun materiil termasuk dari siswa-siswa SMK di Sumsel.

Kadisdik Prov Sumsel, Riza Pahlevi melalui Kabid SMK Mondyaboni, SE, S.Kom, di Palembang, Kamis (26/3/2020), mengatakan grakan SMK Sumsel Peduli Penanggulangan Corona ini adalah bentuk kepedulian SMK negeri dan swasta se-Sumsel dalam mendukung upaya Pemprov Sumsel mencegah penyebaran virus Covid-19.

Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah pembuatan bilik sterilisasi untuk membantu individu agar steril sebelum masuk ke ruang publik seperti kantor, lembaga, sekolah dan lainnya.

“Gerakan ini telah dimulai sejak awal Maret tahun 2020, sebelum Virus Corona terdeteksi di wilayah Sumatera Selatan secara resmi pada tanggal 24 Maret 2020,” ujar Mondyaboni

Pembuatan bilik steril dlakukan oleh beberapa SMK dan yang sudah hampir selesai pengerjaannya adalah SMK Sumsel, yang membuat bilik steril dengan 2 tipe, yaitu tipe standar dan premium. Sedangkan SMKN 3 Lubuk Linggau dan SMKN 2 Palembang, juga sedang dalam proses pengerjaan.

Ditambahkannya, SMKN 2 Pagar Alam, SMKN 1 Payaraman, SMKN 1 Sekayu dan SMK Muhammadiyah 3 Palembang telah memulai pembuatan dan pembagian hand sanitizer.

Kemudian, SMKN 2 Lubuk Linggau telah melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah sekolah dan lingkungan sekitarnya. Untuk masker dari bahan kain oleh SMKN 2 Pertanian Tugu Mulyo.

Pembuatan alat pelindung diri (APD) akan segera dimulai jika sudah mendapatkan bahan baku, yang akan dilakukan oleh SMKN 6 Palembang, SMK Muhammadiyah 3 Palembang, SMKN 2 Lubuk Linggau, SMKN 2 Prabumulih, SMKN 2 Ogan Komering Ulu, SMK Negeri 2 Muara Enim dan SMK Negeri 2 Lahat serta SMK Azzahro.

Adapun untuk pembuatan tempat cuci tangan gratis bagi masyarakat dilakukan oleh SMKN 4 Palembang dan SMKN 5 Palembang. Dan untuk sosialisasi terhadap bahaya dan pencegahan virus Covid-19 oleh SMKN 1 Empat Lawang bekerja sama dengan Aparat Kepolisian setempat kepada masyarakat Empat Lawang dan sekitarnya.

“Gerakan ini akan terus dilaksanakan secara simultan dengan melibatkan lebih banyak lagi SMK negeri dan swasta di Sumatera Selatan,” pungkasnya.

Sementara Kepala SMKN Sumsel Rafli menambahkan, referensi pembuatannya dengan memanfaatkan pengetahuan dari penyemprotan desinfektan yang ada baik secara manual dan semi otomatis.

Kemudian, dikembangkan dengan demikian rupa. Adapun dalam pengerjaannya, siswa-siswa SMKN Sumsel dibimbing oleh karyawan, Guru dengan menerapkan Jaga Jarak. (kmf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *