WNI Sumsel dari Wuhan yang Diobservasi di Natuna Sehat dan Bersih dari Copid-19

example banner

PALEMBANG – Satu dari 237 WNI asal Wuhan, yang sempat menjalani karantina selama 14 hari di Natuna, adalah mahasiswa asal Sumatera Selatan. Kini ia sudah dipulangkan, setelah dinyatakan sehat dan mendapatkan sertifikat dari Kementerian Kesehatan Indonesia.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel menjelaskan WNI Sumsel dari Wuhan itu berinisial HI, yang tengah menempuh pendidikan di Wuhan, China, tidak terinfeksi corona virus (Copid-19). HI sendiri merupakan satu-satunya warga Sumsel yang turut menjalani ovservasi usai dijemput pulang dari Wuhan beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Dra. Lesty Nurainy mengatakan, dari informasi yang diterimanya, kondisi kesehatan HI cukup baik. Bahkan, Ia bersama WNI lainnya sudah diberikan sertifikat sehat oleh Kementerian Kesehatan RI.

“Mereka sudah dinyatakan sehat karena sudah dilakukan observasi sesuai prosedur standar kesehatan dan tidak ada gejala apa-apa. Oleh sebab itu, mereka (WNI) akan kembali ke daerah masing-masing. Termasuk warga kita itu,” kata Lesty.

Setelah kepulangannya, lanjut Lesty, Dinas Kesehatan masih tetap akan melakukan pemantauan terkait kondisi kesehatan HI

“Tetap akan dipantau. Kalau ada apa-apa Dinkes tetap turun tangan. Namun yang pasti yang bersangkutan telah dinyatakan tidak terinfeksi (corona), kalaupun nantinya ada penurunan kesehatan, hal itu kemungkinan karena adanya perbedaan suhu,” tuturnya.

Dia juga menerangkan, jika HI diperbolehkan untuk melakukan aktifitas seperti biasa.

“Silahkan beraktifitas seperti biasa. Jadi untuk masyarakat tolong jangan memperlakukannya berbeda. Yang bersangkutan juga telah mendapatkan sertifikat sehat, artinya tidak ada apa-apa,” bebernya. (hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *