2 Mei 2024

Peningkatan Jalan Sumber Harta – Sumber Sari – Madang 2018, Selesai Dikerjakan

0
Kondisi jalan sebelum dibangun

MUSI RAWAS | Koranrakyat.co.id — Proyek Peningkatan Jalan Sumber Harta – Sumber Sari – Madang dengan panjang jalan yang di aspal 1500 Meter, Lebar 3 Meter serta Rigit Beton dengan panjang 250 Meter dan lebarnya 4 Meter yang berlokasi di Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan, Yang di kerjakan oleh CV. Pagar Bintang dengan dana Rp.2,46 Milyar yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD ) Kabupaten Musi Rawas Tahun 2018 selesai di kerjakan. Hal tersebut di utarakan oleh Kepala Bidang ( Kabid ) Pemeliharaan PU Bina Marga Kabupaten Musi Rawas Ardi Irawan, ST di dampingi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan ( PPTK ) Agustika Purwandi, ST saat di wawancarai Wartawan di ruang kerjanya, Selasa ( 19/02/19 ).

“Tahun lalu ( 2018 ) dinas PU Bina Marga telah menganggarkan dana Rp. 2,46 Milyar untuk mengerjakan proyek Peningkatan Jalan Sumber Harta – Sumber Sari – Madang dengan panjang jalan yang di aspal 1500 Meter, Lebar 3 Meter serta Rigit Beton dengan panjang 250 Meter dan lebarnya 4 Meter yang berlokasi di Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan, Yang di kerjakan oleh CV. Pagar Bintang,” Jelas Agustika.

Lanjut Agustika menjelaskan, Proyek tersebut mulai di kerjakan oleh pihak rekanan tanggal 9 Mei 2018, Dan selesai 100 % pengerjaannya tanggal 2 Oktober 2018 dengan masa pemeliharaan 180 hari kalender ( 6 bulan ),” ungkap Agustika seraya menambahkan, Beberapa tahun yang lalu atau kurang lebih sekitar 6 tahunan Jalan yang menghubungkan Desa Sumber Sari – Ds Sukajaya – Ds Sukarami dan Ds. Madang ini sudah di bangun oleh dinas PU BM, Tetapi sudah mengalami kerusakan yang cukup parah. Awal sebelum di kerjakan jalan tersebut memang sangat susah untuk di lewati baik kendaraan roda 2 maupun roda 4, Bahkan jalan tersebut benar-benat tidak bisa untuk di lewati lagi. Untuk itu Jalan yang mengalami kerusakan yang parah inilah kita bangun Rigit beton pakai besi, Kalau kita bangun berbentuk aspal Hotmix di hawatirkan jalan ini akan rusak kembali,” Papar Agustika.

Harapan kami dari dinas PU BM agar masyarakat setempat untuk merawat dan menjaga jalan yang sudah di bangun tersebut dengan tidak menggunakan kendaraan yang melebihi tonase agar jalan tersebut bisa bertahan lama. Karna jalan tersebut kekuatannya hanya 6 Ton, Dan sekarang sudah kita pasang portal, Agar kendaraan yg melebihi tonase yg telah di tentukan tidak bisa lewat.
” Sayangkan kalu masyarakat setempat tidak bisa menjaga dan merawat jalan yg sudah di bangun, karna jalan tersebut bukan kecil dananya, Apalagi dana tersebut berasal dari APBD kita,” Pinta Agustika.

Ditempat terpisah, Joko masyarakat Desa Sumber Sari saat di mintai komentarnya mengatakan, Dirinya mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati musi rawas serta dinas PU BM yang telah membangun jalan kami kembali, Karna sudah beberapa tahun ini kami tidak menikmati kembali jalan mulus seperti ini. Dirinya berharap kepada bapak bupati serta dinas PU BM agar untuk tahun – tahun berikutnya jalan kami ini di lanjutkan kembali pengerjaannya, Karna jalan kami ini panjangnya sekitar 12 KM,” Pinta Joko.

Lanjut Joko menambahkan, Saya sebagai masyarakat disini hanya bisa mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak Bupati dan Dinas PU BM yang telah memperhatikan jalan kami, Hanya tuhan yang bisa membalas kebaikan bapak, ” Ungkap Joko. ( Aldi )

Tinggalkan Balasan