Press "Enter" to skip to content

Jawab Perubahan Zaman, Pramuka Natuna Kembangkan Metode Edukasi

NATUNA | Koranrakyat.co.id — Upaya menyelamatkan generasi muda dari ancaman perubahan digitalisasi yang dewasa ini terjadi merupakan sebuah tantangan berat, terutama bagi para pendidik dan pembina yang berada di lembaga pendidikan.

Kadis Pendidikan Natuna Selaku Pembina Pramuka ketika membuka reski kegiatan kursus

Salah satu strategi tepat adalah dengan mengoptimalkan kembali peran pramuka dengan pendekatan belajar sambil bermain yang ditujukan bagi menciptakan suasana edukasi yang kreatif sambil menanamkan nilai luhur yang dapat mempengaruhi pembentukan mental, moral dan karakter tunas muda.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna melalui Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah raga Kabupaten Natuna, Suherman ketika membuka kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar Mandiri yang digelar di Pangkalan Gugus Depan 01-025 – 01 026 SMP Negeri 1 Bunguran Timur, Ranai, senin (7/1) pagi.

Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar Mandiri yang digelar di Pangkalan Gugus Depan 01-025 – 01 026 SMP Negeri 1 Bunguran Timur

Menurut Suherman, Gerakan Pramuka menjadi salah satu metode pendidikan yang terus sesuai karena bertransformasi dari waktu kewaktu untuk menjawab tantangan perubahan zaman.

Untuk itu, dirasa sangat tepat jika pemerintah saat ini memberikan ruang gerak dan prioritas lebih dalam lembaga-lembaga pendidikan saat ini.

Kurikulum pendidikan yang ditetapkan saat ini mewajibkan tersedianya tenaga pembina pramuka yang memiliki kompetensi mahir pada setiap golongan pembinaan.

Kadis Pendidikan Kab Natuna, Suherman, memberikan sambutan dan arahan

Oleh karenanya, Suherman sangat mengapresiasi pangkalan SMP Negeri 1 Bunguran Timur dan seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan ini, sebagai bentuk kepedulian bagi meningkatkan kompetensi pembina pramuka untuk memenuhi tuntutan kurikulum pendidikan terkini.

Suherman berharap melalui KMD ini, nantinya akan lahir para pembina mahir golongan Penggalang yang berwawasan luas, dan kreatif dalam menyajikan suasana pendidikan yang dapat menarik minat peserta didik untuk berpartisipasi dalam kegiatan Pramuka disetiap Gugus Depan.

Pada kesempatan tersebut, hadir Kepala UPT Disdikpora Kecamatan Bunguran Timur, Para Kepala Sekolah, Pelatih yang berasal dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kwartir Cabang Natuna dan peserta yang merupakan para pembina pramuka dari beberapa pangkalan Penggalang di Kecamatan Bunguran Timur. (red)

Sumber :(Humas_Pro/Red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *