Hadi Prabowo: Gubernur dan Wagub Sumsel Terpilih Akan Dilantik 1 Oktober 2018

example banner

PALEMBANG | Koranrakyat.co.id – Kepastian soal kapan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Terpilih, dilantik mulai ada titik terang. Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Hadi Prabowo, menyebutkan prosesi pelantikan, menurut info yang dia terima, akan berlangsung Senin, 1 Oktober 2018.

”Iya informasinya Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Terpilih 2018 Herman Deru – Mawardi Yahya akan dilantik 1 Oktober di Istana Negara, oleh Bapak Presiden,” ujarnya saat dibincangi wartawan di Kantor Gubernur Sumsel, Kamis (27/9/2018) pagi.

Hadi juga mengatakan bahwa pelantikan Gubernur Sumsel dilakukan bersama dengan Gubernur Kalimatan Timur.

Pernyataan Pj gubernur Sumsel ini praktis mementahkan isu yang beredar bahwa Herman Deru dan Mawardi, belum akan dilantik, karena masih ada persidangan di PTUN Palembang, atas gugatan sekelompok masyarakat yang mempersoalkan keabsahan dukungan partai koalisi yang mengusung pasangan ini.

Sebelumnya, memang informasi pelantikan Gubernur dan Wakil gubernur Sumsel  terpilih, sempat dikabarkan akan berlangsung pada 27 September hari ini. Namun, dari Sekretariat Kepresidenan diperoleh informasi bahwa jadwal presiden pada tanggal 27 September ini, tidak ada agenda melantik gubernur.

Hadi Prabowo juga mengatakan pada Senin (24/9/2018), ia juga sudah bertemu dan melakukan pembicaraan seputar sinkronisasi tugas ke depan, dengan Herman Deru dan Mawardi Yahya di Hotel The Arista, Palembang.

“Sebagai Pj Gubernur Sumsel, tugas saya memediasi agar apa yang jadi visi dan misi gubernur definitif bisa berjalan dengan baik. Agar kedepanya tidak terlambat dalam menjalankannya,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, karena baru pertemuan silatuhrami jadi belum ada pembahasan yang mendetail. Termasuk soal program 100 hari kerja. Karena apapun visi misi gubernur terpilih dituangkan dan disusun dalam RPJMD 2019.

“Belum ada permintaan, tapi kami akan berikan waktu untuk duduk bersama untuk membahasan soal program RPJMD tahun 2019. Jika tidak akomodir mulai saat ini jangan-jangan nanti setelah enam bulan dilantik tidak selesai,” ungkapnya.

Menurutnya, semua akan dijembatani oleh Sekda. Nanti lain hari Gubernur terpilih akan diminta untuk paparan di depan TAPD terkait visi misi, program prioritas, program RPJMD tahap pertama apakah terkait konsolidasi ataupun percepatan, inilah yang akan dicermati.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan pertemuan kembali guna mematangkan sinkronisasi program-program RPJMD 2019. (red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *