Alex Noerdin – Ishak Mekki, Resmi Bukan Lagi Gubernur dan Wagub Sumsel

PALEMBANG | Koranrakyat.co.id — Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, mulai Jumat (21/9/2019) mendatang, tak lagi disandang oleh H. Alex Noerdin dan H. Ishak Mekki. Keduanya resmi mengundurkan diri melalui sidang paripurna istimewa di DPRD Sumsel.

Selanjutnya, rapat paripurna paripurna istimewa ke XXV yang dipimpin Plt Ketua DPRD Sumsel, HM Yansuri, ini menyerahkan jabatan tersebut kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Hadi Prabowo.

Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo ditunjuk Mendagri menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel hingga masa bakti Alex Noerdin berakhir.

“Terhitung mulai tanggal 21 September hingga tanggal 7 November nanti Drs Hadi Prabowo akan menjadi Pj Gubernur Sumsel. Ini karena adanya kekosongan kepala daerah, kan Alex Noerdin dan Ishak Mekki sama-sama maju di pileg 2019, sehingga mereka berdua harus mengundurkan diri,” kata Yansuri.

Meskipun menjabat sebagai Pj Gubernur, kata Yansuri, wewenang yang dipegang Pj terbatas. Namun dalam kondisi dan situasi tertentu Pj juga bisa mengambil kebijakan penting.

“Kalau kebijakan pasti terbataslah mudah-mudahan tidak ada yang penting. Pada pembahasan APBD induk tahun depan, kita ingin memasukkan program dari Gubernur terpilih, agar janji-janji politik selama kampanye bisa diwujudkan,” tegasnya.

Terpisah, Mantan Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki berharap Gubernur yang baru terpilih dapat melanjutkan keberhasilan Sumsel dan menuntaskan pekerjaan yang belum terselesaikan.

“Mungkin masih banyak pekerjaan yang masih tertunda dan belum selesai. Saya harap pembangunan di Sumsel bisa terus lebih baik,” ujarnya singkat. (dm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *