AirAsia Batal Bangun Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta

JAKARTA | koranrakyat.co.id — AirAsia membatalkan rencana terlibat dalam proyek pembangunan Terminal 4 di Bandara Soekarno-Hatta.

CEO AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan, mengatakan keputusan itu seiring dengan rencana pengelola Bandara Soekarno-Hatta untuk menjadikan Terminal 2 sebagai terminal khusus maskapai berbiaya hemat (low-cost carrier/LCC).

“Terminal 2, tadinya kan kita mau Terminal 4 jadi [khusus] LCC, tapi diputuskan atas rekomendasi kita juga kalau engga di Terminal 4, ya sudah Terminal 2 saja disulap jadi LCC,” katanya, Selasa (24/7/2018).

Dendy mengatakan AirAsia juga akan mengajukan pindah operasional lagi dari saat ini Terminal 3 ke Terminal 2.

Dengan demikian, katanya, jasa pelayanan penumpang yang dikutip bandara (passenger service charge/PSC) untuk penerbangan internasional dapat kembali turun dari saat ini Rp 230.000 di Terminal 3, menjadi Rp 150.000 di Terminal 2.

PSC merupakan salah satu komponen dari harga tiket pesawat. Artinya, penurunan PSC dapat juga membuat harga tiket lebih murah.

“PSC itu kan langsung dibebankan ke penumpang, jadi [penurunannya] lebih affordable. Kita harapkan bisa naikin jumlah penumpang mudah-mudahanan signifikan,” jelas Dendy. (cnbc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *